Jumat, 10 April 2020

Pengertian ASI dan Makanan Pendamping ASI (MPASI)

Pengertian ASI. ASI adalah karunia Tuhan yang sangat berharga karena didalam ASI mengandung berbagai zat gizi yang sangat di butuhkan oleh bayi dan mengandung zat kekebalan terhadap infeksi di antaranya immunoglobulin (Ig), lactoferin, dan zat antibodi.

ASI juga merupakan makanan bernutrisi dan berenergi tinggi, yang mudah untuk di cerna. ASI memiliki kandungan yang dapat membantu menyerapan nutrisi. Pada bulan-bulan awal, saat bayi dalam kondisi yang paling rentan, ASI eksklusif membantu melindunginya bayi dari diare, sudden infant death syndrome/SIDS - sindrom kematian tiba-tiba pada bayi, infeksi telinga dan penyakit infeksi lain yang biasa terjadi.

Riset medis mengatakan bahwa ASI eksklusif membuat bayi berkembang dengan baik pada 6 bulan pertama bahkan pada usia lebih dari 6 bulan. Organisasi Kesehatan Dunia - WHO mengatakan : "ASI adalah suatu cara yang tak tertandingi oleh apapun dalam menyediakan makanan ideal untuk pertumbuhan dan perkembangan seorang bayi.

Evaluasi pada bukti-bukti yang telah ada menunjukkan bahwa pada tingkat populasi dasar, pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan adalah cara yang paling oftimal dalam pemberian makanan kepada bayi. Setelah 6 bulan, biasanya bayi membutuhkan lebih banyak zat besi dan seng daripada yang tersedia didalam ASI, pada titik inilah nutrisi tambahan bisa di peroleh dari sedikit posrsi makanan padat".

Bayi-bayi tertentu bisa minum ASI hingga usia 12 bulan atau lebih selama bayi anda terus menambah berat dan tumbuh sebagaimana mestinya, berarti ASI anda bisa memenuhi kebutuhannya dengan baik.

MP-ASI
ASI memiliki perbandingan komposisi yang tetap sehingga mudah dicerna dan diserap serta mampu memenuhi kebutuhan bayi sampai usia 6 bulan, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya.

ASI yang keluar pada hari pertama setelah bayi lahir disebut kolostrum. Kolostrum berwarna kekuning-kuningan dan lebih kental karena banyak mengandung vitamin A, protein, karbohidrat, dan lemak rendah sehingga sesuai dengan kebutuhan gizi bayi pada hari-hari pertama kelahiran.

Kolostrum bermanfaat untuk membantu pengeluaran mekonium, yaitu kotoran bayi yang pertama berwarna hitam kehijauan. Sejak usia 0-6 bulan, bayi hanya boleh diberikan ASI saja tanpa makanan lain. Pemberian hanya ASI saja sampai usia 6 bulan disebut menyusui secara eksklusif.

Makanan bayi yang paling utama adalah ASI. Semua gizi dan nutrisi yang di butuhkan oleh bayi telah terkandung di dalamnya, khususnya bagi bayi dengan usia 6 bulan.

Kandungan yang kaya akan nutrisi dan gizi ini tidak dapat tergantikan oleh susu formula, meskipun harganya paling mahal sekalipun. Itulah anugerah yang di berikan oleh Tuhan. Pemberian ASI eklusive diberikan kepada bayi hingga bayi mencapai usia 6 bulan, artinya selama 6 bulan bayi tidak perlu memerlukan tambahan pendamping untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Pengertian MP-ASI

Pengertian MP-ASI adalah makanan atau minuman yang mengandung gizi di berikan kepada bayi/anak untuk memenuhi kebutuhan gizinya. MP-ASI di berikan mulai usia 4 bulan sampai 24 bulan. Semakin meningkat usia bayi/anak, kebutuhan akan zat gizi semakin bertambah karena tumbuh kembang, sedangkan ASI yang di hasilkan kurang memenuhi kebutuhan gizi. MP-ASI merupakan makanan peralihan dari ASI ke makanan keluarga.

MP-ASI merupakan makanan tambahan bagi bayi. Makanan ini harus menjadi pelengkap dan dapat memenuhi kebutuhan bayi. Hal ini menunjukan bahwa MP-ASI berguna untuk menutupi kekurangan zat gizi yang terkandung dalam ASI. Dengan demikian, cukup jelas bahwa peranan makanan tambahan bukan sebagai pendamping ASI tetapi untuk melengkapi atau mendampingi ASI.

MP-ASI (Makanan Pendamping ASI) adalah makanan bayi yang di berikan di samping ASI, dengan tekstur dan kepadatan sesuai kemampuan cerna bayi. WHO dan sebagian besar organisasi kesehatan lain merekomendasikan pemberian MP-ASI pada usia sekitar 6 bulan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Pengertian ASI dan Makanan Pendamping ASI (MPASI)