Jumat, 10 April 2020

Tips Mengolah Daging Bebek : Supaya Empuk, dan Mengurangi Aroma Amis Pada Daging Bebek

Mungkin saat Anda tengah kebingungan menyiasati bagaimana caranya supaya daging bebek supaya empuk dan tidak terlalu bau amis. Pada dasarnya daging bebek mirip dengan daging ayam. Cuma warnanya lebih gelap dan seratnya lebih kasar dan liat. Selain itu Aroma dagingnya juga khas. Ada beberapa cara yang bisa di praktekkan, supaya daging bebek menjadi empuk dan tidak terlalu beraroma anyir. Berikut selengkapnya :

Membului atau membersihkan bulu bebek

Setelah bebek di sembelih, masukkan dalam air panas sebentar supaya bulu-bulunya bisa di bersihkan dengan mudah. Setelah semua bulus kasarnya di cabuti, biasanya akan tersisa bulu-bulu halusnya. Cabuti bulu-bulu tersebut dengan pinset, atau garang bebek sebentar di atas api. Putar-putar badan bebek supaya seluruh bulu halusnya terkena api.

Rebus dengan air yang banyak

Daging bebek agak liat dan keras. Untuk mematang seekor bebek di butuhkan air perebusyang lebih banyak di bandingkan air yang di butuhkan air untuk mematangkan seekor ayam. Begitu juga bila hendak di buat kaldu. Tambahkan bumbu daun yang agak banyak kedalamnya, supaya kaldunya beraroma bumbu. Bila daging bebek belum juga matang dan empuk, tambahkan air panas kedalamnya. Setelah daging bebek empuk dan matang, saring kaldunya.

Mengurangi Aroma anyir daging bebek

Bebek mempunyai aroma khas yang agak anyir atau amis. Ini bisa di kurangi dengan merendam dagingnya dengan larutan air jeruk nipis atau cuka. Pakailah bumbu yang banyak, terutama bumbu aroma seperti serai, daun salam, daun jeruk, lengkuas. Bumbu rempah juga sangat membantu. Pakailah rempah yang sudah di sangrai terlebih dahulu, supaya aroma rempah semakin tajam. Ada juga cara lain yaitu bebek di beri minum beberapa sendok cuka. Setelah beberapa jam di diamkan, baru bebek di potong.

Singkirkan kulit dan kelenjar minyaknya

Bebek beraroma tajam dan khas. Ini di sebabkan kulit bebek banyak sekali mengandung minyak. Untuk mengurangi minyaknya, sebaiknya singkirkan sebagian kulit bebek. Terutama kulit di bagian belakang bebek (Dekat brutu/tunggir). Di tempat ini terdapat sebuahkelenjar minyak yang besar. Potong dan buang kelenjar minyak tersebut.

*Foto / Daging Bebek Potong
Cara mengempukan daging bebek :
  1. Setelah bebek di potong-potong, lumuri dagingnya dengan meat tenderizer atau pengempuk daging. Bentknya serbuk putih dan bisa di dapatkan di pasar swalayan dalam kemasan botol kecil. Penggunaannya dapat di taburkan ke atas daging atau dilarutkan bersama bumbu.
  2. Maukkan satu sendok teh soda kue kedalam potongan daging bebek. Setelah itu diamkan sebentar, baru kemudian di olah.
  3. Remas-remas daun pepaya, lalu bungkus daging bebek semalaman dengan daging pepaya, dan simpan dalam lemari es. Enzim papaine dalam daun pepaya akan bekerja mengempukkan daging bebek. Sekarang banyak dijual bubuk pepaya (papaine powder), yang bisa dipakai untuk mengempukan daging. Bubuk ini bisa di beli di pasar swalayan di gerai bumbu kering.
  4. Aduk daging bebek dengan buah nanas yang di parut. Getah nanas akan mengempukkan daging bebek, dan rasa nanas yang asam manis akan menambah sedapnya masakan bebek.
Demikian itulah Tips Mengolah Daging Bebek : Supaya Empuk, dan Mengurangi Aroma Amis Pada Daging Bebek. Selamat mencoba! Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Tips Mengolah Daging Bebek : Supaya Empuk, dan Mengurangi Aroma Amis Pada Daging Bebek